alasan untuk customer focus & improve quality: SURVIVAL

Menyambung posting sebelumnya tentang pengaruh Deming terhadap kebangkitan industri Jepang banyak juga yang memberi komentar bahwa problem jaman sekarang ini adalah inovasi dan marketing, bukannya “operations management” seperti quality management yang menjadi pemikiran utama Deming.

Saya akan menjawab komentar itu ke dalam tiga tulisan,  yang pertama akan saya jelasakan disini.

Revolusi perbaikan sistem produksi dan quality management di tahun 1950-an, pada awalnya bukanlah didasarkan pada keinginan untuk memperbaiki produksi semata.

Pada awalnya, para ilmuwan dan insinyur Jepang (yang tergabung dalam JUSE), risau akan neraca perdagangan Jepang yang saat itu sangat negatif, artinya impor jauh lebih besar dari ekspor.  Sebagai negara yang tidak punya sumber daya alam terlalu banyak, jalan satu-satunya adalah mengekspor produk Jepang ke luar negeri lebih banyak dari sumberdaya yang mesti diimpor.

Dengan produksi berkualitas buruk dan juga tidak menciptakan barang yang diinginkan customer, para ilmuwan dan insinyur Jepang sangat sadar bahwa kelangsungan industri dan ekonomi mereka ada di ambang bahaya. Jadi pemikiran QualityManagement dan Customer Focus yang diajarkan oleh Deming semua berawal dari masalah dasar manusia: SURVIVAL.

Bagaimana dengan Indonesia sekarang di tahun 2011? Enampuluh tahun setelah Jepang “tercerahkan”…

Bagaimana meningkatkan daya saing Indonesia dalam Doing Business in Indonesia 2012? Data Doing Business in Indonesia 2011 menunjukkan Indonesia ada di urutan 121dari 183 negara turun dibanding tahun 2010 (115).

Dari situs yang sama, ditunjukkan bahwa untuk memulai suatu bisnis di Indonesia, butuh waktu 47 hari. Bandingkan dengan negara yang lebih maju yang hanya butuh rata-rata 14 hari?

In summary, apa yang diajarkan oleh Deming adalah suatu metodologi survival sebagai suatu organisasi (bisnis maupun public services). Customer focus dan quality improvement bukanlah hanya tentang operations tapi lebih mendasar yakni kelangsungan hidup dan competitiveness.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: