your job is to improve and optimize the whole system (versi bisnis)

menurut saya, masalah terbesar dari bisnis/organisasi sekarang ini adalah “rabun” dalam melihat the big picture.

dalam kesibukan sehari-hari, banyak manajemen dan karyawan lupa hakikat mereka sebagai suatu  SYSTEM dalam bentuk perusahaan.

suatu perusahaan seharusnya punya tujuan akhir: memberi layanan & produk memuaskan kepada nasabah sehingga nasabah puas dan memberi keuntungan kepada perusahaan itu yang dalam jangka panjang perusahaan akan terus berkembang dan memberi manfaat buat masyarakat sekitarnya. Ini sebuah visi, sebuah big picture.

Perusahaan  merupakan sebuah system, karena terdiri dari rangkaian proses, team dan aktivitas menuju kepada satu tujuan. Rangkaian proses, team, dan aktivitas misalnya berupa: Marketing, Sales, Risk Management, Financial, Operations, Human Resouce, dll.

Asumsi mendasar organisasi sekarang ini: setiap team harus bekerja sebaik-baiknya untuk mencapai target masing-masing, maka perusahaan akan dengan sendirinya akan mencapai hasil terbaik. Betul?

SALAH!

Kenapa salah? Karena perusahaan adalah sebuah orkestra, harus selalu diingatkan bahwa setiap pemain bergerak dan bermain dalam sebuah kerangka lagu yang diatur oleh konduktor.

Sebuah perusahaan adalah sebuah permainan team seperti sepakbola; setiap orang mempunyai peran seperti halnya penyerang, gelandang, kiper dalam rangka bermain cantik, fair dan MENANG.

Jika penyerang hanya berpikir untuk menyarangkan goal ke gawang lawan (tanpa peduli pemain lain), kiper hanya berpikir untuk menangkap atau menangkis bola dari lawan (tanpa peduli pemain lain), maka inilah yang disebut SUBOPTIMIZATION.

Tidak peduli jika penyerang menyarangkan bola 5 goal ke gawang lawan, jika kiper kebobolan 6 goal, maka team tetap saja kalah. Siapa yang salah? It does not matter.  Kalah ya kalah.

Bagaimana ini terjadi di bisnis?

Team Marketing akan berusaha mencapai target penjualan setinggi-tingginya, oleh karena itu mereka butuh dana tinggi dan proses yang serba cepat yang kalau perlu tabrak aturan sedikit-sedikit (tabrak yang banyak kalau lebih nekat lagi) karena itulah target sebagai team.

Team Finance akan berusaha menekan biaya serendah-rendahnya agar perusahaan bisa mempunyai keuntungan besar dan cash-flow yang cukup karena itulah target sebagai team.

Team Operations akan berusaha meningkatkan produktivitas setinggi-tinginya, menekan biaya operasi serendah-rendahnya karena itulah target sebagai team.

Team Risk Management berusaha membuat policy dan aturan seketat-ketatnya agar portfolio punya kualitas sebagus-bagusnya karena itulah target sebagai team.

Dalam pandangan yang sekilas, semua hal diatas adalah lumrah

namun ada satu yang hilang…WHERE’S THE CUSTOMER IN THAT PICTURE? WHERE”S THE LONG TERM VISION TO SATISFY CUSTOMERS PROFITABLY.

Saat team marketing ingin mencapai target penjualan setinggi-tingginya, budget dan profit akan terkuras habis dan banyak masuk nasabah-nasabah yang tidak layak yang mengakibatkan buruknya performance portfolio. Oleh karena itu, bagian Finance akan menekan budget seketat-ketatnya yang akan menyebabkan team Marketing sulit untuk beraktivitas plus ditambah aturan-aturan baru yang makin ketat dari Risk Management. Dalam semua lini, akan terjadi efek “saling meniadakan effort” satu sama lain. Kesibukan yang terjadi adalah lingkaran setan SUB OPTIMIZATION yang mengakibatkan perusahaan jalan ditempat atau terus menurun kinerjanya.

Akibatnya: perusahaan tidak kemana-mana dan nasabah tidak happy.

Bisnis adalah permainan team, system oriented game. Bukan sekumpulan orang bermain bowling.

Your job is to improve and optimize the whole system. Tugas anda adalah untuk memberikan WOW kepada customer dan memberi keuntungan kepada perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: