customer centricity (melihat dari kacamata customer) – part 2

seperti yang saya bahas sebelumnya, banyak perusahaan berniat mulia untuk mendapatkan feedback dari pelanggan namun belum mendapatkan hasil yang optimum.

contohnya adalah survey kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh hampir semua hotel.

Pertanyaan buat para pembaca: adakah yang rutin mengisi form seperti ini pada saat menginap di sebuah hotel?

Berdasarkan diskusi saya dengan banyak orang, baik dalam pembicaraan santai maupun di kelas yang saya selenggarakan,  presentasenya kurang dari 1% yang mau mengisi form seperti ini.

Penyebabnya tentu saja karena pihak pengelola/manajemen hotel tidak menggunakan kacamata customer.

Tips buat manajemen hotel:

gunakan kacamata customer, dan jawab pertanyaan ini: “apa pentingnya buat saya?” atau “apa yang bisa membuat saya tertarik mengisi form ini dengan jujur?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: