customer centricity (melihat dari kacamata customer) – part 2

seperti yang saya bahas sebelumnya, banyak perusahaan berniat mulia untuk mendapatkan feedback dari pelanggan namun belum mendapatkan hasil yang optimum.

contohnya adalah survey kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh hampir semua hotel.

Pertanyaan buat para pembaca: adakah yang rutin mengisi form seperti ini pada saat menginap di sebuah hotel?

Berdasarkan diskusi saya dengan banyak orang, baik dalam pembicaraan santai maupun di kelas yang saya selenggarakan,  presentasenya kurang dari 1% yang mau mengisi form seperti ini.

Penyebabnya tentu saja karena pihak pengelola/manajemen hotel tidak menggunakan kacamata customer.

Tips buat manajemen hotel:

gunakan kacamata customer, dan jawab pertanyaan ini: “apa pentingnya buat saya?” atau “apa yang bisa membuat saya tertarik mengisi form ini dengan jujur?”

Leave a Reply

